Pertanyaan dan Jawaban

Siapa saja yang bisa bergabung di Jadesta

• Pengelola Desa Wisata • Dinas Pariwisata Kota/Kab • Dinas Pariwisata Provinsi

Bagaimana agar bisa bergabung di Jadesta

• Silakan mengisi formulir di halaman https://jadesta.kemenparekraf.go.id • Pilih menu Daftar • Pilih Jenis Keanggotaan

Apa saja yang harus disiapkan untuk bisa bergabung di Jadesta

• Menunjuk admin sebagai pengelola data informasi di Jadesta (1 akun) • Mempersiapkan email/username dan password (email resmi yang masih aktif digunakan)

Desa Wisata masih baru atau rintisan apa bisa bergabung di Jadesta

Semua Desa Wisata bisa bergabung keanggotaan di Jadesta

Bagaimana cara mengetahui keanggotaan kami sudah sudah terdaftar di Jadesta

• Silakan masuk di https://jadesta.kemenparekraf.go.id • Pilih menu Login (jika sudah aktif maka email/username dan password yang di daftarkan keanggotaannya bisa langsung di gunakan)

Apa saja peran Dinas Pariwisata di Jadesta

• Dinas Pariwisata Kota/Kabupaten sebagai Verifikasi Keanggotaan, Data Profile dari desa wisata • Dinas Pariwisata Kota/Kab, Provinsi memiliki halaman Dashboard Informasi memonitoring data desa wisata

Proses apa yang harus dilakukan Desa Wisata jika sudah bergabung keanggotaan di Jadesta

• Lakukan penginputan data Profile Desa selengkap mungkin sesuai dengan petunjuk di kolom isian • Lakukan penginputan Analisis Klasifikasi Desa Wisata untuk menentukan status Klasifikasi Desa Wisata (Rintisan, Berkembang, Maju, Mandiri)

Semua Proses sudah dilakukan tetapi Desa Wisata masih belum tampil di halaman Jadesta

Semua yang telah di inputkan akan melalui tahap Verifikasi oleh Dinas Pariwisata Kota/Kabupaten membutuhkan waktu paling lama 1x24 jam

Desa Wisata sudah mendaftar keanggotaan tetapi belum di Verifikasi Dinas

Semua verifikasi membutuhkan waktu paling lama 1 x 24 jam jika belum bisa dapat langsung menghubungi Dinas Parwisata

Bagaimana jika Desa Wisata belum ber SK dan bagaimana cara mendapatkan SK

• Desa wisata yang sudah bergabung di Jadesta harus melengkapi SK agar bisa tampil di halaman Jadesta • Untuk mendapatkan SK dapat menghubungi Dinas Parwisata agar mendapatkan arahan

Bagaimana jika ingin melakukan perubahan data di Jadesta

Perubahan (edit) data bisa dilakukan kapan saja, khusus foto yang di inputkan menunggu verifikasi dari admin paling lama 1x24 jam (hal ini agar foto yang di tampilkan sesuai dengan standar informasi data)

Bagaimana jika tidak bisa Login

Periksa Kembali apakah sudah melakukan pendaftaran keanggotaan Jadesta Untuk bisa Login harus mendaftar keanggotaan terlebih dahulu agar mendapatkan akun

Bagaimana jika sudah memiliki Akun tetapi tidak bisa login

Periksa Kembali dan gunakan email/user name dan password yang terdaftar keanggotaannya di Jadesta

Bagaimana jika lupa Email dan Password keanggotaan

• Jika lupa password bisa lakukan Riset Password dan secara automatis password terbaru akan di kirim lewat email yang terdaftar di keanggotaan • Jika lupa email/user name bisa menghubungi CS Jadesta

Bagaimana jika terdapat 2 (dua) Akun keanggotaan yang terdaftar di Jadesta

Akun keanggotaan yang teridentifikasi sama maka akan di hapus semuanya oleh system dan lakukan konfirmasi ulang ke CS Jadesta

Bagaimana jika data profile Desa Wisata di gunakan oleh Desa Wisata Lain

Sampaikan ke Dinas Pariwisata setempat dan CS Jadesta agar kami bisa membantu koordinasikan dengan Desa Wisata yang bersangkutan

Fitur apa saja yang ada di Jadesta

Dapat mempelajari lebih jauh tentang fungsi yang ada di Jadesta dengan mengakses Buku Petunjuk dan Video Tutorial yang telah di sediakan


Halaman Login